UPGRADING DALAM PELANTIKAN PENGURUS KSR PMI UNIT ITN MALANG 2011-2012

Kamis, 15 September 2011

Sabtu 10 September 2011 pukul 15.00 WIB.-selesai KSR PMI Unit ITN Malang melakukan Upgrading Pengurus baru, kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan dalam mempersiapkan diri untuk menjalankan roda kepengurusan KSR PMI Unit ITN Malang, Kegiatan ini terlaksana berkat kegigihan para pengurus baru dan pengurus yang telah demisioner yang sadar akan pentingnya diadakanya upgrading sebagai bahan acuan dalam menentukan rencana-rencana kedepan agar semakin mantap dan matang.

Setelah melalui serangkaian acara pembukaan, masuklah pada acara inti dalam upgrading yang mana berisikan pembekalan dari mantan pengurus di tahun-tahun sebelumnya yang masih bersetatus anggota Biasa maupun Luar biasa, kita simak saja sidikit poin yang disampaikan oleh sdr. Badru Salam yang pernah menjabat sebagai Ketua KSR PMI Unit ITN Malang Periode 2010-2011 yang juga jika tidak ada halangan dalam bulan ini (24/09/2011) ia juga akan resmi menyadang gelar AMd Teknik. “Beberapa pokok yang harus dimiliki oleh seorang Ketua adalah Adil,Tegas dan Bijaksana”. begitu ujarnya dalam acara pembekalan tersebut, yang disusul dengan berbagai cara guna mewujutkan tiga pokok poin sebagai ketua tersebut. Dan tak kalah pentingnya juga apa yang disampaikan oleh para mantan pengurus yang lain seperti pemaparan Sdr. Achmad Gintolis Kusuma Prayuda dan Sdi. Atika Sari selaku mantan bidang Dikten dan Bidang Login dan Kesra. Atau apa yang disampaikan sdr. Gunawan Wibisono yang memfokuskan materi penyampaian pada Bidang Humas dan pembentukan Program kerja (Proker), untuk lebih diutamakan pada Rekomendasi Rapat Tahunan Anggota (RAPTA), Juga anggota yang lain yang menitikberatkan penyampaianya pada pentingnya menjaga sikap dalam professional.

Sekarang menilik dari apa yang disampaikan salah satu anggota Luar Biasa yang tak kalah menarik dari apa yang disampaikan oleh para anggota biasa sebelumnya. Kalau yang ini materi yang disampaikan lebih global yaitu lebih kepada pondasi dasar kehidupan dalam bersosial. Dalam menyampaikan materinya beliau lebih terlihat santai dalam keseriusan, sehingga tidak mengurangi sedikitpun kualitas dari apa yang disampaikan. Dalam awal pembekalanya ia mengambil tiga unsur pokok alam yang terdiri dari Tanah, Air dan Udara sebagai podasi dasar kehidupan yang kemudian berhubungan dengan managemen diri sebagai bekal dalam beroganisasi, yaitu yang terdiri dari Waktu, Energi dan Psikologi, dari kesemua itu masih saling berkaitan, sehingga menurutnya apa bila manusia selalu menengok pada tiga unsur alam tersebut maka akan selalu sadar tetang siapa dirinya. Hingga diakhir penyampaianya “bahwa setiap langkah adalah Ibadah”(Red..). Dalam kegiatan ini juga Nampak beberapa sodara-sodara dari KSR PMI Perti di Surabaya yang kebetulan silahturahim dalam rangka Idul Fitri yang juga sempat mengikuti rangkaian acara tersebut hingga berakhir.

Kegiatan ini tidak habis sampai disini, setelah acara inti upgrading selesai maka disusul dengan pelantikan pengurus, dalam kesempatan ini pembacaan janji pengurus langsung dipimpin oleh Ibu Pembina KSR PMI Unit ITN Malang yang sekaligus melantik Pengurus KSR PMI Unit ITN Malang Periode 2011-2012. Setelah acara pelantikan pengurus maka kemudian diikuti dengan serah terima jabatan dari ketua demisioner kepada Ketua KSR PMI Unit ITN Malang yang baru.

Kini tibalah pada puncak acara. Namun sebelum menginjak pada acara puncak ada sambutan dari mantan Ketua dan Ketua KSR PMI Unit ITN Malang yang sedang menjabat sekarang. Sdr. Badru Salam selaku Ketua Demisioner yang terlahir di Bekasi pada 22 Tahun yang lalu ini dalam sambutan menyampaikan harapanya, agar dengan kepemimpinan Ketua yang sekarang KSR PMI Unit ITN Malang menjadi lebih baik dan semua anggotanya tetap selalu mengompakan diri dan menjaga sikap kekeluargaan antar sesama anggota. Begitu juga dengan sambutan Ketua KSR PMI UNIT ITN Malang yang baru saja dilantik, ia menyerukan kepada pengurusnya “bahwa apa yang kita emban sekarang memang berat tapi semua ini akan menjadi ringan jika kita jalani dengan berlandaskan Keiklasan dan kerjasama yang baik”. Begitu Ujar beliau dalam sambutanya.

Wejangan dari Ibu Dra. Siswi Astuti, Mpd. Selaku Pembina KSR PMI Unit ITN Malang, Atau biasa di panggil bunda oleh anak-anak binaan dalam KSR PMI Unit ITN Malang ini tidak kalah penting untuk di simak secara mendalam, beliau mewanti-wanti para pengurus dan anggota yang lain agar selalu menjalankan tugasnya dengan rasa tanggung jawab dan penuh keiklasan agar semua bisa terlaksana dengan terasa ringan tanpa beban. Beliau juga dengan naluri keibuanya masih dalam sambutanya menasihati kepada semua yang bersataus mahasiswa untuk benar-benar dapat membagi waktu sehingga kegiatan apapun yang bersifat positif sebagai bahan pembelajaran di luar Akademik tidak mengganggu dari tujuan utamanya berada di ITN Malang, sebagai mahasiswa yang memang sudah seharusnya untuk mengikuti aktifitas perkuliahan dengan baik.

Setelah berbagai sambutan selesai maka tibalah pada acara puncak dari kegitan. Yaitu acara potong tumpeng yang dilakukan oleh sdr. Indra Laduni Ahsari selaku Ketua yang baru dilantik dan menyerahkan hasil potongan tumpenya kepada ibu Pembina dan kemudian semua yang hadir membaur dan larut dalam santap bersama dalam canda cengkerama yang penuh kesederhanaan. Sehinga ini pula yang membuat ibunda Siswi selalu Nampak sehat dan belasan tahun menjadi Pembina KSR PMI Unit ITN Malang hinga sampai sekarang.

Dalam kesempatan penutup sdr. Dwi Prasetiyo yang mendapat kepercayaan untuk memimpin doa bersama, sehingga doa bersama sebagai penutup ini merupakan permohonan kepadaNYA agar sekiranya setiap apa yang kita niatkan mendapatkan petunjuk dari jalan kebaikan dan semua langkah yang dilakukan tercatat sebagai Ibadah. Amin..

by VCIM (511881701)

1 komentar:

  1. paimin09 mengatakan...:

    semoga dalam kepengurusanni bisa menjalankan dengan baik,,, bagus bnget sekrang bisa rame ni blog.

Posting Komentar

 
KSR PMI ITN MALANG © 2011 | Designed by BITPEN PENBANG KSR PMI ITN MALANG