Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai sebagai dampak dari musim kemarau

Senin, 19 September 2011
Isu kemarau yang sering kita dengar akhir-akhir ini baik itu melalui media elektronik, cetak maupun media yang lainya, kini tidak lagi hanya menjadi isu belaka, karena faktanya sudah Nampak di sekitar kita. Berdasarkan sumber dari media elektronik. Musim kemarau kali ini diprediksi akan berlangsung hingga bulan oktober bahkan mungkin bias lebih untuk beberapa daerah di Tanah Air. Lalu apa saja yang harus kita persiapkan dalam menghadapi perubahan iklim ini yang membuat suhu kini semakin panas (gerah). Maka tubuh kita pun perlu penyesuaian dengan kondisi ini, jangan sampai kondisi fisik kita melemah sehingga tidak dapat melaksanakan aktivitas sebagai mana mestinya hanya dikarenakan organ dari tubuh kita tidak berfungsi secara maksimal.
Musim kemarau yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, sehingga Sebelum hal itu melanda atau menjangkit pada tubuh kita, Sebaiknya perlu dilakukan pencegahan. Dalam hal pencegahan sebaiknya lebih difokuskan pada anak-anak dan lansia karena merekalah yang lebih rentan terjangkit penyakit ini. Inilah beberapa penyekit yang perlu diwaspadai sebagai dampak dari musim kemarau.
1. Penyakit Kulit
Keterbatasan stok dan pencemaran pada air bersih yang disebabkan karena musim kemarau akan menyebabkan beberapa panyakit kulit, seperti gatal-gatal yang jika berlarut-larut dibiarkan akan berdampak negative seperti bisul dan kemudian menjadi koreng (borok)

2. Infeksi saluran nafas
Udara yang bercampur debu pada musim kemarau akan sering kita temui dan hal ini yang akan menyebabkan radang pada saluran pernafasan, debu jg dapat menimbulkan kerak-kerak tidak nyaman pada rongga hidung, dan kondisi ini juga memperparah kondisi bagi para pengidap asma yang akan memperburuk dan menambah resiko untuk terserang Infeksi pernafasan dalam. Untuk pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut diatas sebaiknya setiap kali keluar rumah selalu menggunkan masker.

3. Infeksi saluran pencernaan
Kualitas dari air yang tidak bersih dan makanan yang tercemar dapat memicu munculnya penyakit pencernaan seperti disentri dan diare. Sehingga untuk pencegahannya perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan setiap sebelum mengkonsumsi sesuatu selalu mencuci tangan.
4. Infeksi Mata
Kondisi udara yang berdebu dapat menyebabkan penyakit mata, penyakit mata belum bias dikatakan infeksi jika belum disertai nyeri pada mata, banyak keluar air mata dan kotoran mata. Jika sudah benar-benar terkena infeksi mata maka harus segera gunakan obat tetes antibiotic dan jangan mengucek mata, tetapi dapat anda gunakan saputangan atau tisu jika mata terasa gatal. Infeksi mata ini memiliki gejala mata seperti kelilipan atau terasa ada yang mengganjal. Untuk melakukan pencegahan sebaiknya pelihara kebersihan bola mata dengan membiasakan diri untuk membersihakan mata dengan menggunakan larutan boor water yang dapat dibeli di apotik dan gunakan tempat khusus yang steril sebagai tempat atau wadah untuk mencuci bola mata.Berikut sedikit pemaparan setidaknya dapat meminimalisir terjangkitnya wabah kemarau untuk itu lindungi diri, dan orang-orang tersayang kita dari penyakit musim kemarau ini dengan mengetahui pencegahanya, penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Terimakasih semoga bermanfaat.

By. VCIM 511881701

0 komentar:

Posting Komentar

 
KSR PMI ITN MALANG © 2011 | Designed by BITPEN PENBANG KSR PMI ITN MALANG